Tebing Keraton Bandung: Lokasi, Rute, Tiket Masuk dan Sejarah

Pernah mendengar Tebing Keraton? Pasti yang langsung terbayang adalah sebuah tebing yang terdapat dalam sebuah keraton. Namun, sebenarnya bukan itu. Tebing Keraton merupakan salah satu objek wisata yang ada di Bandung yang sedang populer akhir-akhir ini. Objek wisata ini sebenarnya bernama Tebing Keraton, namun orang-orang lebih familiar dengan nama Tebing Keraton Bandung.

Sekilas Seputar Tebing Keraton Bandung

Seperti objek wisata Gunung Tangkuban Parahu, Curug Bidadari, maupun objek wisata yang lainnya, Tebing Keraton ini pun mempunyai sejarahnya tersendiri. Sebelum dinamakan Tebing Keraton, objek wisata ini awalnya mempunyai nama Tebing Jontor.

Dinamakan Tebing Jontor karena bentuk tebingnya sendiri yang agak maju kedepan. Kemudian pada tahun 2014 penemu objek wisata ini yakni Pak Ase mengganti nama objek wisata ini menjadi Tebing Keraton. Pak Ase mengaku nama Tebing Keraton ini tiba-tiba saja muncul dibenaknya pada tengah malam. Lalu Pak Ase pun mengubah nama tebing itu. Itulah sejarah Tebing Keraton Bandung yang mempunyai sejuta keindahan didalamnya.

Lokasi Dan Harga Tiket Masuk Ke Tebing Keraton

Bagi para pelancong yang penasaran, Tebing Keraton ini berada di kawasan Taman Hutan Raya Djuanda (Tahura Djuanda) lebih tepatnya di Desa Ciburial, Kelurahan Dago, Kabupaten Bandung Utara, Jawa Barat. Memasuki objek wisata ini pun di tarif dengan harga yang sangat terjangkau sekali yakni tiket masuk Rp. 11.000 per orangnya. Jika membawa kendaraan pribadi di tarif lagi sebesar Rp. 10.000 untuk kendaraan mobil dan Rp. 5.000 untuk kendaraan motor.

Rute Menuju Tebing Keraton

Untuk menempuh perjalanan ke Tebing Keraton Bandung ini tidaklah memerlukan rute jalan yang terlalu rumit, Anda bisa rental mobil bandung atau sewa bus pariwisata. Yakni bisa memulai perjalanan dari stasiun Bandung kemudian dilanjutkan ke jl. Ir. H. Djuanda sampai terus menuju ke arah ITB (institut teknologi Bandung). Setelah melewati Jalan Layang Pasopati maka akan sampai di Terminal Dago.

Lihat juga tempat wisata di bandung lainnya: Bandung treetop

Dari terminal tersebut lurus saja sampai menemukan jalan yang bercabang ke arah Taman Hutan Raya Djuanda (Tahura Djuanda). Kemudian teruskan perjalanan sampai menemukan simpang dua dan ambil jalan yang sebelah kanan. Tidak begitu jauh dari simpang dua tersebut, maka akan ditemukan warung bandrek.

Lokasi Tebing Keraton Bandung

Biasanya para wisatawan akan beristirahat terlebih dahulu di warung tersebut sebelum melanjutkan perjalanannya yang sudah tidak begitu jauh lagi. Dari warung tersebut, akan ditemukan kembali simpangan dua maka ambillah jalur sebelah kiri. Dari situ terus saja sampai menemukan gapura pintu masuk dari Tebing Keraton.

Nah, agar lebih mempermudah dan mengatasi capek untuk menuju ke tempat ini bisa dengan sewa mobil avanza bandung dengan supir. Jadi ketika datang ke tempat ini tinggal menikmati pemandangan dan perjalanan saja.

Daya Tarik Wisata Di Tebing Keraton Bandung

Di Tebing Keraton Bandung ini menyajikan hamparan luas jalur patahan Lembang. Hutan yang sangat lebat ini kadang diselimuti kabut tipis yang semakin menambah indah pemandangannya. Hal tersebut menjadi salah satu daya tarik tersendiri bagi para pengunjung. Selain itu banyak sekali daya tarik lainnya yang menambah para pengunjung semakin banyak mengunjungi objek wisata ini antara lain sebagai berikut:

1. Mempunyai View Yang Bagus

Yang menjadi salah satu daya tarik tersendiri pada objek wisata tebing keraton ini antara lain tempat ini mempunyai view yang bagus. Yang mana akan memanjakan siapa saja yang datang ke tempat ini. Kabut-kabut tipis yang sering menyelimuti tempat ini sangat cocok sekali untuk dinikmati bersama orang-orang tersayang ditempat ini.

2. Mempunyai Spot Foto Yang Instagramable

Selain mempunyai view yang sangat indah, di Tebing Keraton Bandung ini sangat cocok sekali bagi para instagramable untuk mengambil dengan latar foto yang sangat menakjubkan. Jepretan-jepretan foto pun akan semakin menarik dan menambah kece foto-foto yang bisa di pajang di media sosial.

Sejarah Tebing Keraton Bandung

3. Mempunyai Udara Yang Sejuk

Karena Tebing Keraton ini berada di dataran tinggi, maka otomatis udara yang ada pun sangat sejuk sekali. ditambah banyaknya pohon-pohon yang ada disana semakin menambah kesejukan udara yang didapatkan di tempat tersebut. Dengan menghirup udara yang sejuk, maka paru-paru pun akan semakin sehat.

4. Tempat Kumpul Yang Cocok Bersama Orang-Orang Tersayang

Meskipun tempat ini berada di dataran tinggi, namun dengan pemandangan yang disuguhkan pun membuat tempat ini sangat cocok dinikmati dengan orang-orang tersayang. Melepaskan segala pekerjaan selama sepekan penuh dengan mengganti satu hari di tempat ini merupakan sesuatu yang sangat berharga dan menyenangkan sekali.

5. Tempat Liburan Yang Bisa Memanjakan Mata

Segala kepenatan yang telah dilakukan selama sepekan sangat menguras tenaga dan pikiran. Maka dari itu berwisata ke Tebing Keraton Bandung ini merupakan pilihan yang sangat cocok sekali. karena pertama kali menginjakkan kaki ditempat ini, para wisatawan akan disuguhkan dengan pemandangan pegunungan yang sangat memanjakan mata. Maka dari itu akan menghilangkan rasa penat setelah sepekan lamanya bekerja.

Tips Menikmati Indahnya Tebing Keraton Bandung

Menikmati keindahan yang disuguhkan Tebing Keraton merupakan sesuatu yang sangat menyenangkan. namun ada beberapa tips untuk mengunjungi tempat ini agar perjalanan semakin asik. Adapun tips untuk menikmati indahnya Tebing Keraton Bandung adalah sebagai berikut:

Tiket Masuk Tebing Keraton Bandung

1. Pergi Ke Tebing Keraton Ala Backpacker

Semakin terkenalnya objek wisata ini di instagram, memang mulai ada beberapa yang membuat open trip ke Tebing Keraton Bandung. Namun, sebenarnya sangat mudah sekali untuk pergi ke objek wisata yang satu ini. Maka dari itu, sebaiknya pergi ke tempat ini pun usahakanlah pergi ala-ala backpacker yang terkesan tidak terlalu ribet.

2. Menggunakan Motor

Bepergian menggunakan mobil memanglah sangat enak, apalagi tujuan yang dituju merupakan objek wisata yang mempunyai nuansa pegunungan seperti ke Tebing Keraton ini yang mempunyai udara yang dingin. Namun, mengingat jalanan menuju Tebing Keraton ini cukup rusak parah, maka naik sepeda motor akan lebih fleksibel.

Selain itu jika menggunakan mobil pun tidak bisa naik keatas dekat pintu masuk Tebing Keraton. Jadi jika dipaksakan menggunakan mobil pun akan dikenakan biaya naik ojek untuk sampai ke tempat lokasi. Maka dari itu, menggunakan motor sangat dianjurkan untuk pergi ke tempat ini.

3. Kunjungi Tebing Keraton Saat Musim Kemarau

Jika menginginkan pemandangan yang indah di Tebing Keraton ini, maka kunjungilah pada musim kemarau. Dimana pada saat itulah pemandangan yang ada disekitar Tebing Keraton akan terlihat dengan jelas. Jika berkunjung ke tempat ini pada musim penghujan, selain akan kehujanan, maka keindahan pemandangan Tebing Keraton ini akan terhalang oleh kabut yang tebal.

4. Bawa Kamera Serta Lensa Yang Pas

Tips selanjutnya untuk menikmati keindahan Tebing Keraton ini adalah harus membawa kamera serta lensanya yang pas. Hal tersebut agar bisa menghasilkan jepretan-jepretan yang di foto lebih kece lagi. Dengan kualitas kamera serta lensa yang mendukung maka akan semakin kece lagi jika foto-foto tersebut di pajang di berbagai media sosial.

5. Membawa Perbekalan Secukupnya

Bagi yang ingin mengunjungi tempat ini, usahakanlah membawa perbekalan secukupnya meskipun ada beberapa warung yang menyediakan makanan, namun untuk meminimalisir pengeluaran maka usahakanlah membawa makanan dari rumah. Selain itu, jika membawa makanan dari rumah, maka kandungan gizi serta kesehatannya bisa terjaga.

Nah, itulah beberapa pesona yang dimiliki Tebing Keraton Bandung yang membuat wisatawan tertarik untuk mengunjungi tempat ini. Untuk datang ke tempat ini mengingat medan yang cukup menantang untuk lebih mudah serta dapat panduan jalan agar tidak tersesat bisa mengambil paket 2 wisata Bandung 2 hari 1 malam yang dimiliki oleh jasa tour and travel terpercaya yaitu tourbandung.id.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *