Villa Isola Bandung

Villa Isola Bandung, Bangunan Megah Sejuta Misteri

Villa Isola bandung merupakan gedung yang sudah berumur ratusan tahun. Bangunan gedung pertama kali didirikan pada tahun 1932 dengan biaya sebesar 500 ribu gulden. Gedung dahulunya dimiliki oleh raja media cetak keturunan indonesia-belanda yang bernama Dominique Willem Berretty. Gedung dengan arsitektur art deco yang megah membuat masyarakat cukup terkesan ketika mendatangi tempat ini.

Lokasi dan Rute Menuju Villa Isola Bandung

Villa Isola terletak di pinggiran utara Kota Bandung tepatnya Jalan Dr. Setiabudi No 22, Isola, Kecamatan Sukasari, Kota Bandung, Jawa Barat. Vla in dikenal sebagai Bumi Siliwangi atau Universitas Pendidikan Indonesia. Gedung dirancang oleh arsitek terkenal yaitu Wolff Schoemaker yang sekaligus perancang Museum Asia Afrika, Masjid Cipaganti dan beberapa bangunan yang bernuansa art deco di Bandung.

Jika Anda ingin memasuki Villa Isola, Anda akan dikenakan biaya sebesar Rp. 0 alias gratis. Rute perjalanan untuk menuju ke Villa Isola ketika menggunakan transportasi umum yaitu menaiki angkutan menuju terminal Ledeng. Ditengah perjalanan, katakan kepada pengemudi bahwa Anda ingin menuju Isola atau UPI. Sekitar 25 menit, Anda sudah sampai di depan Villa Isola.

Villa Isola Bandung

Jika Anda memulai perjalanan dari lapangan tenis margasih, Anda memerlukan waktu sekitar 67 menit. Kendaraan umum pertama yang harus Anda pilih yaitu bus Cimahi-Malang, kemudian Cimahi lagi. Setelah itu Anda menaiki bus Ciroyom dimana Anda akan sampai di Villa Isola.

Jika Anda menggunakan kendaraan pribadi, Anda bisa mengarahkan kendaraan menuju Jalan ke arah terminal Ledeng. Jika masih kebingungan, Anda bisa menggunakan aplikasi google map sebagai penunjuk arah untuk sampai disana. Karena Villa Isola sudah dapat dideteksi menggunakan google map.

Fasilitas Villa Isola

Fasilitas yang ada di Villa Isola lengkap yaitu terdapat fasilitas umum seperti toilet umum. Fasilitas tersebut bersih dan terawat. Jika Anda ingin lebih mengetahui mengenai Villa Isola, Anda bisa menyewa pemandu yang mengetahui segala informasi mengenai villa tersebut. Untuk wisatawan mancanegara pun tidak perlu khawatir untuk tidak mendapatkan informasi mengenai wisata tersebut. Karena pihak pengelola juga menyediakan pemandu yang menguasai beberapa bahasa negara lain seperti bahasa Inggris, Jerman dan Perancis.

Villa Isola merupakan sebuah gedung yang luas dan megah. Anda mungkin akan kelelahan jika mengitari seluruh wilayah wisata beserta informasinya. Anda tidak perlu khawatir jika perut keroncongan, karena wisata ini dekat dengan beberapa rumah makan yang siap menyajikan makanan lezat.

Lihat juga taman pasupati

Selain itu, jika Anda kekurangan uang bisa pergi ke ATM yang letaknya tidak jauh dari Villa Isola. Villa isola Bandung juga dekat dengan beberapa wisata lain. Tidak heran jika banyak wisatawan yang memilih untuk bermalam di sekitar lokasi wisata. Anda bisa menyewa beberapa kamar di hotel yang letaknya dekat dengan Villa Isola.

Wisatawan yang datang rata-rata merupakan anak muda. Muda mudi biasanya tidak pernah lepas dengan namanya nongkrong. Banyak muda mudi yang mencari tempat nongkrong di sekitar lokasi wisata. Nah, wisatawan bisa memilih cafe yang letaknya tidak jauh dari Villa Isola sebagai tempat nongkrong.

Daya Tarik Villa Isola

Bangunan Villa Isola yang megah dengan bentuk arsitektur art deco bercat putih mampu membuat siapapun yang melihatnya akan merasa kagum. Ditambah lagi dengan taman rapi terawat dengan pepohonan yang rindang berhasil menjadi pelengkap dari gedung yang kini digunakan sebagai universitas.

Keelokan dari Villa Isola membuat banyak orang ingin singgah sejenak di sana. Salah satu yang tidak pernah dilewatkan oleh masyarakat yaitu menjadikan gedung sebagai background foto cantik mereka. Setiap bagian Villa Isola bisa menjadi spot foto menarik Anda.

Taman Villa Isola

Taman yang berada tepat di depan Villa Isola yang rindang menjadikan tempat ini sering dijadikan sebagai tempat nongkrong maupun berkumpulnya para mahasiswa. Hanya sekedar nongkrong maupun membicarakan mengenai himpunan atau organisasi didalamnya.

Namun taman hanya dipakai nongkrong ketika pagi hingga sore hari saja. Karena Villa Isola yang sangat misterius ini akan memiliki suasana yang berbeda ketika malam hari. Lokasi Villa ketika malam hari tiba-tiba menjadi sangat horor yang seolah memancarkan aura mistis.

Bangunan Villa Isola berlantai tiga dengan lantai terbawah lebih rendah dari permukaan jalan raya. Ranah sekeliling bangunan terbuka dengan sudut bangunan yang melengkung mengikuti permukaan tanah. Ketika Anda sudah memasuki Villa Isola, Anda bisa melihat berbagai benda bersejarah yang bisa menambah pengetahuan sekaligus sebagai spot foto Anda.

Cerita Horor di Villa Isola

Ketika Anda melewati daerah Villa Isola pada malam hari, Anda akan mendengar melodi kematian hingga penampakan hantu yang sedang berdansa. Penampakan tersebut sudah menjadi rahasia umum yang identik dengan Isola. Melodi kematian tersebut berasal dari suara piano yang ada di dalam gedung.

Lihat juga wisata museum asia afrika bandung

Banyak orang yang melihat penampakan hantu wanita yang mati dengan bunuh diri. Bagi mahasiswa dan alumni UPI tentu sudah tidak asing dengan kisah-kisah hantu di Villa Isola tersebut. Hantu perempuan tersebut adalah anak dari sang pemilik yang bernama Anna. Selain hantu wanita dan hantu berdansa, banyak orang yang juga melihat hantu laki-laki. Hantu tersebut diduga adalah Berretty yang merupakan orang Indo-Belanda selaku pemilik villa.

Villa Isola bisa Anda kunjungi ketika sedang berlibur di Bandung. Tidak hanya keindahan dan kemegahannya saja yang didapat, tetapi Anda juga akan mendapatkan banyak pengetahuan mengenai wisata tersebut. Bagi para pecinta sejarah, tempat wisata yang satu ini sangat recomended untuk dikunjungi.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *